Skip to main content

Memanfaatkan Pandemi dengan Menjadi Seorang Social Media Specialist (SMS)

BAGIAN 1 - Pengantar

        Tidak ada yang sebelumnya menyangka bahwa akan ada masa dimana semuanya menjadi serba digital atau online. Dan sekarang kita sudah ada di masa itu, yaitu masa karantina karena pandemi Covid-19. Hal tersebut memberi dampak hampir ke pada semua lapisan masyarakat seperti murid sekolah, mahasiswa perguruan tinggi, para pekerja kantor, pedagang kaki lima, dan para pemilik usaha yang harus memutar otaknya agar perusahaan mereka tetap bisa berjalan di masa pandemi ini.

        Semua jenis kegiatan harus berubah dan menyesuaikan dengan pola hidup masyarakat yang baru atau bisa kita sebut New Normal. Banyak perusahaan yang terpaksa melakukan Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK kepada para karyawannya. Hal itu dilakukan agar dapat membuat neraca keuangan perusahaan tersebut tetap stabil karena terganggu oleh masa pandemi ini. Selain itu, banyak juga para pedagang di pinggir jalan dan pemilik kedai kopi yang harus membiasakan diri dengan peraturan-peraturan baru yang ada seperti diberikannya batasan jam buka atau larangan beroperasi pada area-area tertentu.

        Segala upaya dilakukan oleh semua orang agar tetap memiliki penghasilan dan bertahan hidup di masa pandemi ini. Mulai dari para pengusaha yang mengubah model bisnis mereka hingga masyarakat yang mencari jenis pekerjaan baru yang bisa dijalankan di masa ini. Semua bidang ilmu terkena dampaknya, namun ada kabar baik untuk mereka yang bergelut atau ingin bergelut di bidang Teknologi Informasi atau IT.

        Banyak sekali jenis pekerjaan IT yang dapat dijadikan bisnis dengan cara Freelance di masa ini, para pelakunya dapat melakukan pekerjaannya di rumah atau biasa kita sebut dengan kerja remote. Menjadi Freelancer di bidang IT merupakan pilihan yang menjanjikan, karena banyak sekali jenis pekerjaannya yang dapat dijadikan bisnis, salah satunya yaitu Social Media Specialist atau SMS.


BAGIAN 2 - Isi

        Social Media Specialist atau SMS adalah seorang yang bertanggung jawab dalam mengembangkan suatu perusahaan melalui media sosial. Tujuan dari perusahaan untuk menggunakan jasa SMS yaitu untuk :
  • Meningkatkan Brand Awareness dari perusahaan kepada masyarakat
  • Menambah pemasukan dari transaksi yang dilakukan melalui media sosial perusahaan
  • Menyampaikan profil perusahaan beserta dengan produknya dengan cara yang menarik melalu media sosial
        Untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut, seorang SMS memiliki berbagai macam tugas yang harus mereka lakukan, yaitu :
  • Melakukan riset tentang sosial media apa yang akan digunakan dan mengidentifikasi sasaran targetnya
  • Membuat konten yang menarik dan mengunggahnya di dalam media sosial
  • Mengoptimasi media sosial agar dapat memiliki Traffic yang ramai
  • Mengkonversi Traffic yang ada pada media sosial menjadi sebuah pemasukan bagi perusahaan
  • Mengatur jenis promosi yang digunakan (seperti Facebook Ads dan Instagram Ads) dan mengelolanya dengan efektif
  • Menjalin koneksi dengan perusahaan lain melalui media sosial
        Seorang SMS juga harus memiliki beberapa kemampuan agar dapat melakukan tugas-tugas tersebut, yaitu :
  • Copywriting. Seorang SMS harus bisa membuat sebuah tulisan atau caption yang menarik agar masyarakat nyaman dan suka dengan konten-konten yang ada dan pada akhirnya dapat membuat masyarakat tersebut menjadi tertarik untuk membeli produk dari perusahaan
  • Desain Grafis. Media sosial sangat bergantung dengan visual. Oleh karena itu, foto konten yang menarik menjadi salah satu andalan dalam media sosial.
  • Analisis Data. Seluruh data yang ada pada media sosial seperti waktu pengguna aktif, waktu posting yang ramai, dan sebagainya harus dapat dianalisis oleh seorang SMS dan dimanfaatkan agar dapat mengoptimasi media sosial.
  • Paham Digital Advertising. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, seorang SMS harus mengerti berbagai macam jenis promosi digital seperti Facebook Ads dan Instagram Ads, karena hal itu dapat membuat semakin banyak orang yang mengetaui keberadaan dan citra perusahaan tersebut melalui media sosial.
  • Paham Menggunakan Tools Media Sosial. Ada banyak tools atau aplikasi yang dapat membuat pekerjaan seorang SMS menjadi lebih efektif, efisien, dan optimal yaitu seperti Virol, Gramshoot, Canva, dan Instagenic.

BAGIAN 3 - Kesimpulan

        Kita harus menyikapi masa pandemi ini dengan hal-hal yang positif, salah satunya yaitu dengan membuka usaha bisnis di bidang IT menjadi seorang Social Media Specialist (SMS). Masa pandemi yang membuat banyak orang lebih banyak melakukan kegiatannya di rumah akan meningkatkan kemungkinan mereka untuk lebih sering membuka media sosial menjadikan pekerjaan ini sangat menjanjikan. Hal itu membuat perusahaan akan mengembangkan perusahaan mereka melalui media sosialnya. Apalagi, pekerjaan ini dapat dilakukan di rumah secara remote tanpa harus keluar rumah untuk bertemu dengan klien.

Comments

Popular posts from this blog

SELF SERVICE DAN TABLE SERVICE DI KFC

           Berkembangnya teknologi membawa dampak terhadap banyak sisi dan aspek, salah satunya terhadap sisi pelayanan masyarakat. Salah satunya yaitu KFC, sebuah tempat makan yang sudah sangat populer di Indonesia. Mereka memanfaat teknologi untuk meningkatkan kualitas pelayanannya terhadap para pelanggan. KFC memiliki dua layanan baru yang dapat memberikan rasa nyaman yang lebih kepada pelanggannya saat mereka makan di sini, mulai dari memesan hingga menunggu pesanannya datang. Teknologi tersebut yaitu Self Service Terminal dan Table Service. Kedua teknologi ini hadir pertama kali di Indonesia yaitu di KFC Bintaro sektor 9 pada tanggal 31 Desember 2017.                         Self Service Terminal merupakan suatu bentuk layanan dimana para pelanggan dapat memilih dan memesan sendiri produk dari KFC dengan menggunakan layar sentuh dari sebuat mesin atau alat yang bisa juga disebut dengan terminal. Setelah selesai memilih produk, pelanggan akan melakukan pembayaran dan mendapat

Posttest_vc1_3KA88_12118910_Ghozy Muhammad H.M

Perancangan Basis Data a. Sebutkan 6 tahap perancangan basis data Pengumpulan Data dan Analisis. Bertujuan untuk menentukan kelompok pemakai pada bidang aplikasinya, peninjauan dokumentasi yang ada, dan mengumpulkan respon user hasil kuesioner. Perancangan Basis Data Secara Konseptual. Bertujuan untuk menghasilkan Conceptual Schema untuk database yang tergantung pada sebuah DBMS yang spesifik. Pemilihan DBMS. Pemilihan DBMS ditentukan oleh beberapa faktor, yaitu faktor teknik, ekonomi, dan politik organisasi. Perancangan Basis Data Secara Logika atau Pemetaan Model Data. Tahap ini dilakukan oleh pemetaan skema konseptual dan skema eksternal yang dihasilkan pada tahap ke-2. Pada tahap ini, skema konseptual ditransformasikan dari model data tingkat tinggi yang digunakan pada tahap ke-2 ke dalam model data dari DBMS yang dipilih pada tahap ke-3.  Perancangan Basis Data Secara Fisik. Perancangan basis data secara fisik merupakan proses pemilihan struktur-struktur penyimpanan dan jalur-jalu

Desain dan Manajemen Jaringan Komputer (Part 10)

1. Jelaskan pemanfaatan teknologi wireless secara umum! Berikan contohnya! Teknologi wireless adalah teknologi yang menghubungkan dua perangkat atau lebih tanpa menggunakan kabel. Biasanya , orang juga menyebutnya dengan istilah teknologi nirkabel. Pemanfaatan Wireless Technology untuk : a. Sharing File. Dengan menggunakan koneksi wifi maka perangkat Smartphone atau tablet yang tidak memiliki koneksi LAN melalui kabel UTP, dapat tersambung ke jaringan dan mengambil file atau berbagi file dengan komputer PC atau laptop tanpa harus menggunakan kabel data. b. Pengontrolan. Pengontrolan secara jarak jauh tanpa kabel, misalnya penggunaan remote TV, mobil kontrol, dan remote untuk membuka pintu garasi mobil. c. Komunikasi, yaitu transfer informasi, berupa apapun, secara jarak jauh tanpa penggunakan kabel misalnya ponsel, jaringan komputer nirkabel dan satelit. d. Game Online. Bermain sebuah game bersama-sama dengan beberapa anggota komputer yang terhubung ke LAN bisa juga dilakukan